Duta Swasembada Gizi Lakukan Roadshow Program Swasembada

LAMPUNG SELATAN (LAMPUNGINSTA) – Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto lakukan Roadshow Program Swasembada Gizi di Kecamatan Penengahan, Senin (24/8/2020).

Didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Penengahan, para Ka. UPT Kecamatan Penengahan, para Kepala Desa dan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), para Bunda PAUD se-Kecamatan Penengahan.

Roadshow Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan diawali dengan Peninjauan Posyandu Dahlia Desa Kekiling, Posyandu Nusa Indah Desa Padan dan Posyandu Dahlia 2 Desa Pasuruan.

Dalam kunjungannya ke Posyandu tersebut Winarni mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah, “Bapak/Ibu semua saat mengunjungi Posyandu atau saat keluar rumah kita harus tetap mengikuti Protokol Kesehatan karena sudah banyak contoh yang menjadi korban Covid 19,” katanya.

Winarni juga menjelaskan Program Swasembada Gizi bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi Stunting/gagal tumbuh di Kabupaten Lampung Selatan.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Camat Penengahan Pak Erdiansyah, karena di Kecamatan Penengahan telah terbentuk Tim Percepatan Pencegahan Stunting (TPPS) Tingkat Kecamatan”, imbuh Winarni.

“Saya yakin di Kecamatan Penengahan ini, Penanganan Stunting akan berjalan dengan baik, dan untuk para Kepala Desa (Kades) agar jangan takut-takut untuk menganggarkan Dana Kesehatan guna pencegahan Stunting di desanya. Karena Peraturan Presiden, Peraturan Gubernur dan Peraturan Bupati untuk membantu percepatan penanganan Stunting sudah ada dan jelas aturannya,” jelas Winarni.

Selain itu Winarni juga meminta kepada Camat dan seluruh Kades untuk membentuk Tim Swasembada Gizi dan Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) ditingkat Kecamatan dan Desa.

“Kepada Camat dan Ka. UPT Kesehatan yang berada di Kecamatan karena di Kecamatan Penengahan ini sudah terbentuk TPPS, maka tidak perlu lagi membentuk Tim Swasembada Gizi Tingkat Kecamatan, cukup diganti saja namanya menjadi Tim Swasembada Gizi, tidak diganti juga tidak apa-apa”, cetus Winarni.

Selanjutnya dilakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Penyelenggaraan Program Swasembada Gizi di Kecamatan Penengahan, Kemudian Winarni juga memberikan Penghargaan kepada seluruh Desa di Kecamatan Penengahan yang telah melakukan Swasembada WC dan membagikan masker-masker kepada para Kepala Desa sebagai Gerakan Bersama (Gerbek) Masker. (Au/Ali).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *