Badan Kesbangpol Way Kanan Gelar Rapat Koordinasi Dengan FKUB

WAY KANAN, (LAMPUNGINSTA)- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol ), Way Kanan melaksanakan rapat koordinasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB ) setempat, di ruang rapat, Selasa (07/07/2020).
Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala kantor Kemenag Way Kanan, pengurus dan anggota FKUB Way Kanan.
Dalam sambutannya, Indra Zakaria Rayusman mengatakan, rapat koordinasi ini dalam rangka untuk pemantapan panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah, dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman Covid di masa Pandemi. Serta mewujudkan peningkatan partisipasi masyarakat pada Pilkada 2020 melalui peran serta tokoh agama.

“Perlunya peran aktif para tokoh agama dan umat beragama dalam mensosialisasikan peningkatan partisipasi masyarakat, pada Pilkada 2020 di Way Kanan,” kata Indra.
Oleh karena itu, masih kata Indra, perlunya koordinasi antara Badan Kesbangpol dengan seluruh tokoh agama yang ada di Way Kanan, sehingga dalam pelaksanaan Pilkada mendatang dapat terselenggara dengan sukses, tanpa menimbulkan gejolak yang berdampak memecah belah masyarakat.
Ketua FKUB Way Kanan H. Minaryadi, dalam laporannya mengatakan, bahwa selama ini peran serta FKUB Way Kanan telah dirasakan oleh masyarakat umat beragama, hal ini terbukti, selama ini di Way Kanan tidak pernah terjadi gesekan antar umat beragama yang berdampak menimbulkan perselisihan dan memecah belah,” kegiatan yang dilaksanakan selama ini meliputi, sarasehan dan dialog serta doa bersama lintas agama, yang dilaksanakan di kecamatan – kecamatan, dan tingkat Kabupaten Way Kanan,” kata Minaryadi.

Diingatkan juga oleh Kakankemenag Way Kanan, sesuai dengan surat edaran menteri agama RI nomor 15 Tahun 2020, walaupun telah memasuki tahapan new normal, kepada seluruh pengurus tempat ibadah bagi semua agama agar tetap perlunya standar protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah, menyiapkan tempat cuci tangan, menjaga jarak antara jemaah, menggunakan masker, serta untuk muslim hendaknya membawa sejadah sendiri dari rumah, “tujuannya dengan tetap diberlakukan protokol kesehatan, akan mampu memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19, dimasa new normal ini,” ujarnya.

Sementara itu Kasubib Ekososbud dan agama juga mengatakan, bahwa, dalam rangka menyongsong era new normal di Way Kanan, kiranya FKUB dan umat beragama mampu melaksanakan kebersihan di tempat – tempat ibadah, sehingga mampu memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” kebersihan sarana ibadah umat beragama, merupakan kunci utama untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19, dalam rangka pelaksanaan new normal di Way Kanan,” tegasnya.(Narto/Rls).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *