Bupati Waykanan Hadiri Launching SI CEPAT

Waykanan (LAMPUNGINSTA)- Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menghadiri acara Launching “SI CEPAT” (Sistem Informasi dan Central Pelayanan Terpadu) yang di selenggarakan oleh Kementerian Agama Way Kanan di Gedung PTSP kemenag Way Kanan pada hari Jum’at, (04/10/19).

Raden Adipati Surya Mengawali sambutan atas nama pribadi dan ke Pemerintah Kabupaten Way Kanan saya menyambut baik kegiatan Launching “SI CEPAT”. Kegiatan ini merupakan langkah awal bagi Kementerian Agama Kabupaten Way Kanan untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Di era digital dewasa ini menuntut tata kelola pemerintahan ke arah yang penuh inovasi, adaptif dan transparan. Revolusi industry 4.0 juga menuntut pemerintah menggunakan system digitalisasi di seluruh aspek pelayanan semisale budgeting, e-learning, e-KTP, e- Planning dan lain-lain.

Pemerintah wajib membangun sistem e-government baik dari pusat sampai daerah, masuk ke seluruh kelembagaan, memperkuat teknologi dan komunikasi tujuannya agar dapat membangkitkan efisiensi, efektivitas dan produktivitas dengan tetap berpegang pada prinsip akuntabilitas dan transpansi
Dalam konteks pelayanan publik.

“Maka, sudah tidak zaman lagi pelayanan publik yang lamban, berbelit-belit jauh dari kemudahan apalagi diskriminatif, termasuk para ASN atau penyelenggara negara yangmindset-nya masih kaku, kolot dan tidak reformis ditambah gaptek (gagap tekhnologi) serta minim kreasi dan inovasi” tegasnya

Apabila terjadi Konsekuensinya, di era ini akan semakin tertinggal jauh bahkan dengan sendirinya akan “menghilang” atau tergusur .

Kabupaten Way Kanan dihuni oleh 410.532 jiwa yang tersebar di 14 kecamatan terdiri dari 222 kampung serta 6 kelurahan, dengan Luas wilayah 3.921,63 Km² atau 11,11% dari luas wilayah provinsi Lampung. Melihat begitu luasnya wilayah Kabupaten Way Kanan, tidak menutup kemungkinan sebagian besar masyarakat mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi dari Pemerintah. Contoh untuk mendapatkan informasi dari Kantor Kementerian Agama tentang tata cara mendaftar haji, informasi estimasi keberangkatan haji, pindah rayon, informasi tanah wakaf, data Masjid, informasi pendidikan madrasyah dan lain-lainnya.

Masyarakat harus secara langsung bertanya dengan petugas di Kantor Kementerian Agama yang alamatnya cukup jauh di ibukota kabupaten.

“Hari ini sejarah baru Kementerian Agama Kabupaten Way Kanan melaksanakan kegiatan Launching “SI CEPAT” (Sistem Informasi dan Central Pelayanan Terpadu), mulai menjawab tuntutan dalam pelaksanaan pelayanan publik. Kegiatan tersebut merupakan langkah bagi Kantor Kementerian Agama dalam memberikan kemudahan dan kepastian bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan” ujarnya.

Dari sistem “SI CEPAT” akan berguna untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, memperpendek proses pelayanan, mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, akuntabel dan terjangkau, dan memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

“Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Allah SWT lebih banyak lagi mencurahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab kita kepada bangsa, Negara dan Rakyat” tutup Bupati.(Dedi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *