Jelang Lebaran, Dishub Kota Antisipasi Kemacetan Pintu Tol Kota Baru

BANDARLAMPUNG (LAMPUNGINSTA) – Guna mengantisipasi kepadatan kendaraan di gerbang keluar pintu tol Jalan Ryacudu, Bandarlampung, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandarlampung, akan menurunkan sejumlah petugas untuk memantau arus mudik mulai H-7 lebaran.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung Ahmad Husna, menurutnya pada lebaran 1440 H ini diprediksi fokus pengaturan lalulintas akan berlaih ke pintuk keluar tol di sekitar Polsek Sukarame, berbeda dari lebaran sebelumnya yang memfokuskan pengaturan lalu lintas di sekitar Lapangan Baruna, Panjang.

“Seperti tahun lalu biasanya penjagaan di fokuskan di Baruna Panjang. Namun, tahun ini kita antisipasi juga di pintu keluar tol sekitar polsek Sukarame jalan ryacudu,”ujarnya, Selasa (21/5) di Gedung Satu Atap Pemkot Bandarlampung.

Husna memprediksi tol Lampung akan diramaikan pemudik sebab sudah banyak kendaraan yang melintasi mengunakan jalur tol dari Bakauheni langsung ke Kota Bandarlampung. “Dua titik menjadi perhatian dishub. Kemungkinan itu ramai karena itu jalur baru untuk tahun ini,”ungkapnya.

Selain membantu kelancaran arus mudik dibeberapa titik ruas jalan rawan macet. Dishub juga menugaskan sebagian anggota untuk membackup Pos Komando Taktis (Poskotis).

“Poskotis kita mengikuti dari kepolisian dan jumlah posnya berapa yang direncanakan disiapkan oleh kepolisian nanti kita ikut mengisi,” ungkapnya.

Dalam hal membantu kepolisian, TNI dan aparat lainnya terkait kelancaran arus mudik dan arus balik, Husna memastikan dalam poskotis akan disiagakan 4 anggota yang bertugas 24 jam secara bergantian.

“Dishub turunkan sesuai dengan jumlah pos nya, nanti yang disiapkan berapa jumlah dari kepolisian kita membantu backup dari pagi sampai dengan seterusnya 2 anggota berjaga siang, 2 anggota berjaga malam. Guna membantu dalam organisasi kemasyarakatan terkait kelancaran arus mudik dan lainnya,” ucapnya.

Husna menghimbau, kepada warga masyakat Lampung yang akan melakukan perjalanan mudik agara mempersiapkan dengan matang segala keperluan, mulai dari kesiapan kendaraan dan stamina tubuh. Didalam perjalanan pun diharapkan untuk tertib berlalu lintas.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat pemudik agar dapat mentaati peraturan lalu lintas dan mengecek dahulu sebelum berangkat. Dari kesiapan kendaraannya, kesehatan dan kebugaran tubuh masing masing guna keselamatan sampai dengan tujuan,” pungkasnya. (enj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *